Follow Us On Facebook

Ads 468x60px

Panduan Membentuk Otot Seluruh Tubuh

share this :
Untuk memperoleh bentuk tubuh yang bagus, bukan satu jenis latihan atau satu bagian otot saja yang kita latih. Sangat disarankan seluruh bagian tubuh kita bisa terlatih. Beberapa keuntungan yang meliputi ukuran tubuh yang proporsional dan meningkatkan performance latihan adalah alasan untuk melatih seluruh bagian tubuh. Disini kita akan melihat berbagai bagian otot dengan latihannya.

Saling menunjangnya otot bisa kita rasakan ketika kita melakukan, misalnya, untuk latihan Bench Press (dada) maka akan terasa juga bahwa bagian punggung ikut bergerak. Begitu juga ketika melakukan latihan biceps maka triceps akan ikut berperan disana. Atau ketika kita melakukan sit up (perut) maka punggung bagian bawah akan terasa juga (bahkan cukup pegal setelah puluhan repetisi).

Rendahnya kekuatan satu bagian otot akan berpengaruh terhadap kemampuan perkembangan otot lawannya. Hal inilah yang penting untuk kita ketahui. Karena itu melatih otot secara keseluruhan/holistik sangatlah penting.

Otot Dada 
ini adalah salah satu bagian otot yang paling suka dilatih oleh para pria. Jelas karena ini bagian yang paling menonjol dan menjadi simbol kekuatan pria. Melatih otot dada bagi sebagian orang bisa dikatakan sulit, karena itu ada beberapa artikel yang saling menunjang untuk pelatihan otot dada ini. Artikel mengenai Bagaimana membentuk dada yang besar dan kuat mengulas tentang trik pelatihannya, sedangkan panduan dan rambu-rambunya dibahas dalam Golden Rule pembentukan otot dada.

Cara Membentuk Otot Dada – Pasti semua pria ingin mempunyai Otot Dada Six pack agar terlihat lebih gagah dimata wanita. Kali ini kita akan membahas Cara membentuk otot dada atau bisa juga dikatakan sebagai cara membentuk otot six pack. Disini saya akan memberikan sedikit tips cara membuat otot dada yang berbentuk six pack agar terlihat lebih macho seperti gambar berikut ini.
 Cara Membentuk Otot Dada

Nah, langsung saja biar tidak berlama-lama saya kasih tahu bagaimana cara membentuk otot dada sehingga kelihatan menjadi six pack, maka berikut adalah tips selengkapnya:
Planks:
latihan ini sederhana sekali. Anda cukup membuat posisi seperti push up, tetapi saat tangan lurus tegak. Kemudian anda tahan selama mungkin tubuh anda tetap lurus, saat itu otot perut dan punggung anda akan bekerja keras untuk menahannya tetap lurus.
Reverse crunch:
latihan ini seperti crunch/sit up biasa, tetapi bedanya bukan badan yang diangkat, melainkan kaki yang bergerak dari tertekuk menjadi lurus. Otot perut bagian bawah anda akan terlatih dari ini.
Captain chair:
latihan ini menggunakan alat dimana siku dan tangan kita sebagai penompang tubuh dan kemudian mengangkat kaki hingga 90 derajat. Jika anda sudah terbiasa, bisa menggunakan dumbbell yang dijepitkan dikaki untuk menambahkan beban.
Butt ups:
latihan ini seperti Planks, tapi tidak statis, setelah posisi Planks lalu tarik panggul ke atas. Kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi lagi.
Barbell abs rollout:
gunakan alat rollout khusus untuk ini yang berupa roda tunggal dengan pegangan di dua sisinya. Tetapi jika tidak ada bisa menggunakan barbell yang bagian platnya bebas berputar. Bertumpu pada lutut dan kedua lengan berpegang pada rollout. Dorong rollout ke depan hingga punggung sejajar dengan lantai (bukan menempel) lalu tarik kembali.
Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara membentuk otot dada . Perlu teman-teman ketahui agar bentuk otot dada dapat terbentuk dengan cepat teman-teman harus rutin latihan setiap hari.


Otot Bahu
merupakan salah satu kekurangan dari orang-orang yang bertubuh ektomorf (ceking). Karena itu melatih otot bahu akan membuat tubuh kita tampak lebih lebar, dan tentunya lebih kekar.

Otot Punggung
bagian yang bisa membuat orang langsung kagum walaupun tidak melihat wajah anda. Latihan otot punggung hingga bagian Latsimus, atau biasanya orang menyebutnya otot sayap, akan membuat dada anda terlihat lebih lebar juga. Otot ini sangat menunjang latihan otot dada.

Otot Lengan
terbagi menjadi dua bagian, yaitu biceps dan triceps. Kadang orang sangat mementingkan biceps dan terus melatih bagian itu. Padahal otot terbesar pada bagian lengan sebenarnya adalah triceps. Selain itu otot biceps hanya bisa terlihat ketika kita menekuk lengan kita dan melakukan kontraksi. Sedangkan pada saat lengan santai ke bawah, otot tricepsnya yang menunjukkan besarnya lengan anda. Kedua otot ini saling menunjang, karena itu sangat penting untuk melatih keduanya.

Otot Perut
bagian inilah yang menjadi favorit bagi pria ataupun wanita. Membentuknya bisa dikatakan sangat mudah karena banyak jenis latihan yang secara tidak sadar juga melatih otot bagian ini. Tetapi untuk membuat otot ini tampak, lain perkara. Karena lemak dan air adalah salah satu musuh yang paling sering menutupi bagian otot yang luar biasa ini. Pelatihan untuk otot perut harus juga dibarengi dengan pengaturan pola makan yang benar.
 keren kan ototnya........
1. siapkan motivasi yang lebih, jangan bertahan cuma 1-2bln aja .(bisa diatasi dengan mengajak teman yg seingin or pacar,kalau bisa sih yg lebih ngerti dikit,atau sudah terbentuk otot perutnya)

2.perhatikan perut anda ketika duduk,klau masih ada tekukan2, berarti masih banyak lemak,tar ga keliat ototnya,mulai dengan membakar lemak itu,bisa dgn lari or bersepeda.
jika sudah rata,bisa dimulai dengan latihan :

Sit up (Latihan untuk otot perut bagian atas)
Duduklah dikarpet lalu tekuklah kaki ,Silangkan tangan di dada
Kencangkan perut , lalu turunkan badan ke bawah, tahan sebentar, lalu kembali ke posisi semula.
Jangan melakukan gerakan sampai punggung menyentuh lantai.
Lakukan gerakan dengan perlahan dan terkontrol.
Saat kembali ke posisi awal otot perut tetap dikencangkan dan rasakan tekanan pada otot perut saat posisi badan mendekati paha.
Untuk repetisi sen bisa coba 15-50 kali tergantung berapa loe sanggup tapi untuk set I tidak usah terlalu banyak.

Leg raises (
Latihan untuk otot perut bagian bawah)
Berbaringlah di bangku datar dan tangan berpegangan pada ujung bangku dibelakang kepala anda. Dengan posisi kaki sedikit bengkok, angkat kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat.
Tahan sebentar lalu perlahan kembali ke posisi semula. Usahakan agar kaki tidak menyentuh bangku.

Side to side (Latihan untuk otot perut bagian samping)
Berdiri tegap dengan kedua tangan memegang dumbbell. Posisi tangan lurus di samping badan.
Perlahan-lahan gerakkan tubuh ke kiri sampai otot samping perut merasakan tekanan. Tahan sebentar, kembali ke posisi awal.
Perlahan-lahan gerakkan tubuh ke kanan sampai otot samping perut merasakan tekanan.
Kembali ke posisi awal.
Saat tubuh bergerak ke samping jaga agar tubuh tetap tegak dan tidak membungkuk atau condong ke depan.
“Hati hati jangan terlalu capek dan hindari beban terlalu berat, karena apabila terlalu berat bisa menyebabkan cedera pada pinggang.”
3. jaga makan, pake pedoman,dikit2 asal sering.sehari makan 5-6 kali. perbanyak makan buah dan sayur.

Terima Kasih telah membaca artikel Panduan Membentuk Otot Seluruh Tubuh ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel Panduan Membentuk Otot Seluruh Tubuh ini bermanfaat. Artikel ini ditulis oleh Arif Stiawan. Jangan lupa beri komen untuk artikel Panduan Membentuk Otot Seluruh Tubuh.
Arif Stiawan